Selasa, 05 April 2011

TOTTENHAM DI BANTAI REAL MADRID

Real Madrid membuat langkah besar menuju babak empat besar Liga Champions dengan kemenangan kandang 4-0 atas Tottenham Hotspur yang bermain dengan sepuluh pemain pada pertemuan pertama perempat-final di Santiago Bernabeu, Rabu dinihari WIB. Dua gol dari penyerang asal Togo Emmanuel Adebayor dan dua gol menjelang akhir dari Angel di Maria dan Cristiano Ronaldo mematikan Tottenham melalui kemenangan kandang kelima Madrid berturut-turut dalam kompetisi Eropa.
Ketinggalan empat gol membuat Tottenham menghadapi kesulitan besar pada laga kedua di White Hart Lane pada 13 April. Tottenham, yang terakhir mencapai semifinal Piala Eropa pada 1962, harus menyesali dikeluarkannya striker Peter Crouch pada menit ke-15, dan Real membuat kesepuluh pemain tersebut harus membayarnya. "Saya tidak pernah melihat tayangan ulang dari penjegalan itu," kata pelatih Tottenham Harry Redknapp.
"Ia sudah mendapat kartu kuning dan ia seharusnya tidak mengambil risiko terkena kartu merah. Saya kecewa. "Akan sulit untuk membalikkannya. tertinggal 0-4 dari Real Madrid adalah sangat sulit dan tak pelak lagi kami menghadapi kesulitan besar, tetapi kami akan memberikan segalanya di White Hart Lane," kata Redknapp.
Pelatih Real Jose Mourinho, yang rekor tak terkalahkan dari 150 pertandingan di kandang berakhir pada Sabtu dengan kekalahan 0-1 melawan Sporting Gijon, menjawab dengan kemenangan yang menempatkan sembilan kali juara itu unggul untuk mencapai babak empat besar. Dan Mourinho mengakui bahwa dikeluarkannya Crouch telah membuat pekerjaan Tottenham hampir mustahil.
"Saya tahu pada level dia, 11 melawan 10, hampir mustahil," katanya kepada Sky Sports Two.
"Ini hanya pertanyaan mengenai tim dengan 11 orang yang terus berkonsentrasi dan kami melakukannya pada babak kedua, bukan pada babak pertama tetapi pada babak kedua kami melakukan itu.
"Bagi tim dengan 10 pemain dalam waktu selama itu adalah misi yang mustahil. "Saya merasa menyesal karena dengan 11 melawan 11 pertandingan akan jauh lebih baik."
Namun Mourinho yakin Tottenham masih berpeluang. "Saya tahu sepak bola Inggris dengan baik, saya tahu mentalitas Inggris. Pada budaya lain, ya (sudah berakhir), tetapi dengan konsep Inggris dalam sepak bola, ini belum berakhir."
Mourinho, yang memenangi Liga Champions bersama Inter Milan di lapangan tersebut Mei lalu, mengatakan ia mengambil risiko dengan menurunkan bintang Portugal Ronaldo, yang sedang berjuang menghadapi masalah urat lutut, dan ia merasa spekulasinya bermanfaat ketika pemain termahal di dunia itu menjadi pemain pembuka.
Pemain kiri belakang asal Brazil Marcelo kembali dari cedera sementara Adebayor menjadi satu-satunya penyerang inti. Redknapp menyambut pemain sayap Wales Gareth Bale yang mengatasi kambuhnya masalah urat lutut untuk tampil sebagai pemain inti, sementara bek tengah berpengalaman asal Prancis Willam Gallas sudah dinyatakan fit.
Pemain tengah asal Belanda Rafael van der Vaart kembali menjadi pemain pembuka klub lamanya, tetapi Redknapp harus menurunkan Jermaine Jenas untuk menggantikan Aaron Lennon pada menit terakhir. Penonton di Bernabeu tegang setelah kekalahan mengejutkan dari Gijon, tetapi tim tuan rumah mengawali pertandingan dengan sempurna ketika gol awal tercipta hanya empat menit setelah pertandingan dimulai.
Tendangan pojok dari kanan diterima Adebayor di area penalti dan penyerang tersebut mengarahkan sundulannya ke gawang dan Luka Modric yang kurang beruntung tidak mampu mengelakkan usaha tersebut karena bola lewat di antara kedua kakinya. Tim tamu mengalami nasib sial ketika mereka berkurang menjadi 10 pemain pada menit ke-15 ketika Crouch menerjang Marcelo yang membuatnya menerima kartu kuning kedua.
Real mendominasi penguasaan bola tetapi hanya peluang dari Ronaldo lah yang mereka tunjukkan atas kelebihan jumlah pemain tersebut. Adebayor, yang cukup dikenal fans Spurs semasa bermain bagi Arsenal, sundulanya hanya beberapa inci dari gawang untuk menciptakan gol kedua pada menit ke-32.
Bek tengah asal Portugal Pepe mendapat kartu kuning karena memotong Bale menjelang turun minum yang akan membuatnya kehilangan pertandingan kedua. Van der Vaart membuka peluang bagi penyerang Jermain Defoe yang menggantikannya pada babak kedua dengan langkah berani dari Redknapp.
Ronaldo, menembak dari segala arah, menusukkan tendangan kaki kiri yang melebar dari gawang pada awal babak kedua untuk memberi peringatan kepada lawan. Pada menit ke-57 Real memperoleh gol kedua yang tercipta melalui tendagan sudut yang diterima Marcelo yang kemudian mengarahkan umpan silang dan kembali Adebayor mengarahkan sundulannya ke sudut dalam gawang.
Adebayor nyaris mencetak hatrik melalui sundulan berikutnya sebelum pemain asal Argentina di Maria menyarangkan bola pada menit ke-72 melalui tendangan kaki kirinya. Ronaldo membuat gol keempat pada menit-menit terakhir melalui tendangan voli meskipun seharusnya kiper Heurelho Gomes bisa bekerja lebih baik.
"Kami harus memanfaatkan keunggulan ini karena segalanya bisa terjadi dan kami tidak bisa memandang sebelah mata Tottenham," kata Ronaldo. "Tanpa memandang bahwa kami bermain melawan sepuluh pemain, tim bermain bagus. Pada babak pertama sulit, tetapi kami mengalami banyak peningkatan pada babak kedua," kata pemain asal Portugal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar